Minggu, 16 Desember 2012

Review : 5cm


Review film lagi nih, mumpung baru kemaren nontonnya n masih anget di otak :)



Saya nonton film ini karna ajakan seorang teman saya yang bilang film ini kata temennya dia bagus. Akhirnya daripada bingung nunggu jam matakuliah malem saya setuju untuk nonton film ini.

Ok langsung masuk reviewnya.

Film 5cm ini di adaptasi dari novel yang berjudul sama. Penulis novelnya Donny Dhirgantoro.

Genta (Fedi Nuril), Ian (Igor Saykoji), Arial (Denny Sumargo), Riani (Raline Shah) dan Zafran (Junot) adalah lima sahabat yang kemana-mana selalu bersama. Sudah 10 tahun dan mereka selalu melewati malam minggu bersama. Setiap tokoh disini memiliki pribadi yang unik. Suatu malam mereka memutuskan keluar dari zona nyaman masing-masing sebelum bertemu kembali 3 bulan kemudian di tempat yang pada akhirnya mengubah perspektif hidup mereka selamanya.

Genta berjanji akan mengajak teman-temannya ini untuk melakukan sesuatu yang tidak akan mereka lupakan selamanya. Mendaki puncak gunung tertinggi di Jawa, yakni Mahameru. Berawal dari situ semua dimulai. Perjalanan menuju Mahameru yang diiringi oleh intrik persahabatan, cinta, dan hidup dan mati.


Ada adegan lucu, sedih, serius sampai menegangkan di film ini. Apalagi saat mulai mendaki gunung mahameru, saya sampe nangis nontonnya hahaha *malu*.
Selain itu, penonton diajak untuk selalu mengejar mimpi, angan dan impiannya, serta ditaruh didepan kening berjarak 5cm.

Dalam hal ini, ketika para pemain hendak mendaki puncak gunung Mahameru yang merupakan puncak gunung tertinggi dijawa. Berbagai rintangan, halangan dan tantangan pasti sudah ada, namun yang terpenting adalah menanamkan motivasi dalam diri, bahwa impian anda sedekat 5cm dari kening anda. Bergetar dan merinding saat mendengar makna diatas. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari film 5 cm ini.


Kejutan-kejutan juga hadir di plot ceritanya.

Tidak ketinggalan keindahan alam juga disajikan disini. Pemandangan-pemandangan indah dari sekitar Gunung Mahameru menghiasi sekitar film ini. Kita bisa melihat keindahan Ranu Kumbolo, Kalimati, dan Ranu Pane secara ekslusif. Kita seakan diingatkan bahwa negeri kita tercinta ini memiliki beribu tempat indah yang bisa kita kunjungi.

Keindahan Indonesia yang selalu ditonjolkan berhasil membuat saya dan mungkin kalian yang sudah menonton akan memasukkan Mahameru di list traveling kamu.  Coba saja, film-film Indonesia seperti ini, pasti tempat-tempat wisata semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam ataupun luar negeri.

Pesan dan kutipan dari film ini yang paling saya suka, membuat saya tambah mencintai indonesia *haha lebay mode on*.

Ini kutipannya :

"Taruh puncak itu di depan kita, dan jangan lepaskan!
Yang kita perlukan adalah kaki yang berjalan lebih jauh, dan tangan yang berbuat lebih
banyak
Leher yang akan lebih sering melihat ke atas
Mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya
Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja
Hati yang akan bekerja lebih kerasSerta mulut yang akan selalu berdoa."

Over all menurut saya film ini bagus dan recommended banget buat di tonton. Biarpun saya denger dari para penonton yang sudah pernah baca novelnya mereka kebanyakan kecewa dengan hasil filmnya yang menurut mereka malah rada acak-acakan.


Akhir kata, Happy sunday :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar