Sabtu, 06 April 2013

Cara Membuat Data Flow Diagram (DFD) menggunakan Microsoft Visio 2007

Awalnya ga ada niat bikin beginian, tapi karna gw pelupa dan waktunya bikin TA ( Tugas Akhir ) gw pusing sendiri akhirnya gw tulis aja nih cara2nya disini biar kalo lupa lagi tinggal buka aja ini tulisan. Dan siapa tau aja ada juga yang butuhin ini tulisan, berbagi ilmu kan pahala :).

Oke langsung aja :
1. Buka Ms Visio
2. Pilih Template dengan mengklik menu di sebelah kiri yang bertuliskan flowchart >> kemudian pilih Data Flow Diagram  >> pilih radio button US units >> lalu klik create

Ini Tampilan Lembar Kerjanya

3. Drag and drop shape Data Process ke kertas kerja. Untuk menyisipkan text bisa langsung double klik data process-nya

4. Karna kali ini yang akan gw pake adalah shapes lingkaran (Data Process) ,  Persegi panjang (External interator) , garis dan persegi panjang yang satu sisinya terbuka dan di template ini ada salah satu shapes yg ga ada jd gw tambahin shapes dari template lain, cara menambahkannya adalah cukup ketik di kotak search.  
Buat nyari2 shape yg dbutuhin tinggal coba aja liat2 dulu semua template

5. Dan Akhirnya jadi deh DFD gw.


Semoga tulisan ini bermanfaat buat pembac yang nyasar hehe



6 komentar:

  1. wah baca ini jadi inget LP dan LA wkwkwkwkkkkk.....
    salam kenal ^^,

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga
    Terimaksih sudah berkunjung ^^

    BalasHapus
  3. Kita juga punya nih artikel mengenai Data Flow Diagram, silahkan dikunjungi dan dibaca, berikut linknya: http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5713/1/boriel%20ppt.pdf
    Terimakasih

    BalasHapus
  4. Ijin Ngutip KK Bwt di blog saya ya mksih...

    BalasHapus
  5. Wah makasih infonya.
    lumayan buat referensi T.A :D

    BalasHapus